Ini 5 Jurusan yang Bisa Dipilih Calon Taruna Akmil

Kantamedia.com – Akademi Militer atau Akmil menjadi salah satu tujuan utama banyak siswa SMA atau MA yang baru lulus yang ingin berkarier sebagai anggota TNI khususnya TNI AD.

Akmil merupakan pendidikan TNI AD yang berlokasi di Kota Magelang, Tengah, Indonesia, bertujuan mencetak taruna dan taruni yang ketika lulus akan menjadi perwira TNI berpangkat letnan dua (Letda) sesuai korps atau kecabangan masing-masing.

Akmil kini menyelenggarakan pendidikan khusus taruna Angkatan Darat tingkat II, III, dan IV.

Lulusan Akmil nantinya memiliki kemampuan dasar golongan VIII setingkat komandan peleton.

Seperti jenjang pendidikan lainnya di Indonesia, Akmil memiliki lima jurusan yang setara dengan sarjana terapan atau D4. Jadi, setelah taruna taruni Akmil lulus akan mendapatkan gelar sarjana terapan pertahanan atau S.Tr.(Han).

Dilansir dari laman resmi ad.rekrutmen-tni.mil.id, Akmil membuka untuk tahun 2024 secara online. Pendaftaran akan mulai dibuka pada 1 Februari 2024. Lulusan yang bisa mendaftar Akmil adalah siswa SMA dan MA dari semua jurusan. Sedangkan bagi siswa SMK belum bisa mendaftar.

Berikut daftar 5 jurusan di Akmil 2024 yang bisa dipilih.

1. Teknik Elektronika Pertahanan

Jurusan di Akmil yang pertama adalah teknik elektronika pertahanan. Jurusan ini memiliki visi center of excellence untuk menghasilkan lulusan perwira TNI AD di bidang ilmu kemiliteran dan teknik elektronika yang dan tangguh. Jurusan ini sudah terakreditasi B Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT pada 2023.

2. Teknik Sipil Pertahanan

Jurusan dalam Akmil selanjutnya adalah teknik sipil pertahanan. Jurusan ini merupakan perpaduan teknik sipil dengan teknik kemiliteran. Setelah lulus dari Akmil, para perwira TNI AD tersebut bisa berkontribusi pada bidang kemiliteran serta teknik sipil pertahanan.

3. Teknik Mesin Pertahanan

Akmil juga memiliki jurusan teknik mesin pertahanan yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Jurusan ini memiliki tujuan menghasilkan perwira teknik mesin pertahanan yang mampu melaksanakan tugas profesi di lapangan sebagai seorang komandan peleton atau setingkat.

Lulusan dari jurusan teknik mesin pertahanan Akmil nantinya akan bertugas di seluruh satuan korps kecabangan penerbang TNI-AD.

4. Administrasi Pertahanan

Jurusan administrasi pertahanan Akmil ini juga sudah terakreditasi A. jurusan ini mendidik calon perwira TNI AD untuk memiliki dalam bidang kemiliteran dan administrasi pertahanan.

5. Manajemen Pertahanan

Jurusan yang terakhir adalah manajemen pertahanan. Jurusan ini juga sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Tujuan prodi ini dibentuk agar menghasilkan lulusan perwira Akmil yang profesional di bidang Administrasi Pertahanan bisa menguasai ilmu kemiliteran.

Bagikan berita ini