Tiga Kerajinan Tangan Khas Indonesia yang Mendunia

Kantamedia.com – Pada masa sekarang banyak sekali -anak generasi muda yang kurang sadar akan kekayaaan seni tradisional. Padahal nyatanya banyak dari kekayaan Indonesia yang sangat disukai bahkan diperebutkan oleh dunia.

Pada dasarnya Indonesia merupakan negara yang sangat beragam dan dipenuhi dengan berbagai macam flora, fauna, dan ciri khas unik. Dimana setiap kerajinan tangan dibuat sesuai dengan ciri khas dari setiap daerah yang ada di Indonesia. Hal ini lah yang membuat Indonesia berwarna.

Baca juga:
Simbol Perlawanan Ketidakadilan, Fashion Asli Dayak Kalteng Ini Mendunia

Kerajinan tangan ini secara khusus diwariskan oleh nenek moyang kita secara menurun dan memiliki filosofi dan arti yang mendalam tergantung dari budaya setiap daerah. Berkat kerja keras orang-orang inilah yang membuat kerajinan tangan tradisional Indonesia menjadi terkenal dan diakui dunia.

Berikut adalah karya kerajinan tangan Indonesia yang mendunia.

1. Wayang kulit

Dilansir oleh Kemenparekraf.go.id, Wayang kulit merupakan salah satu dari sekian banyak kerajinan tangan yang dikenal dunia. Selain itu, wayang kulit juga sudah masuk dalam Masterpiece of Oral and Intangible Heritages of Humanity UNESCO.

Wayang kulit sendiri memiliki banyak sekali variasinya. Akan tetapi bahan dasar wayang kulit adalah kulit kerbau. Para pengrajin wayang kulit menggunakan kulit kerbau karena kulit tersebut sangatlah kuat dan tidak mudah melengkung.

Baca juga:
Sejarah Asal Mula Tradisi Pohon Natal

Untuk pembuatannya sendiri, setidaknya memerlukan waktu 1 minggu hingga 4 bulan per wayang. Hal ini juga tergantung dari jenis wayang yang akan dibuat. Pada syaratnya untuk membuat satu wayang kulit pengrajin harus bisa dengan teliti memperhatikan detail dari setiap warna.

2. Batik

Sudah menjadi hari nasional di Indonesia, merupakan salah satu kerajinan tangan tradisional Indonesia yang sudah banyak dikenal di mata dunia. Pada tahun 2009, UNESCO menobatkan batik sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritages of Humanity. Menambahkan, diperingati setiap 2 Oktober.

Baca juga:
Ragam Nama Pakaian Adat 37 Provinsi di Indonesia
Bagikan berita ini