18 Parpol Ikuti Rakor Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye yang Digelar KPU Kota Palangka Raya

, kantamedia.com tinggal beberapa pekan saja, agar semua berjalan lancar pihak penyelenggara yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palangka Raya, menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan kampanye melalui metode rapat umum dalam Pemilu 2024.

Kegiatan rakor diikuti sekitar 18 partai politik (Parpol) di Luwansa Hotel Kota Palangka Raya, Jumat, (19/01/2024).

“Kegiatan ini merupakan persiapan untuk melakukan rapat kampanye di tanggal 21 Januari sampai tanggal 10 Februari mendatang,” ucap Pelaksana harian (Plh) Palangka Raya Trasmianto usai kegiatan.

Dia menyebut, bahwa salah satu bentuk persiapannya adalah dengan mendengarkan pendapat dari parpol peserta pemilu, terkait rancangan keputusan jadwal kampanye partai politik di Palangka Raya.

“Outputnya diharapkan, selama 21 hari tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Kota Palangka Raya harus tetap kondusif meski nantinya akan ada rapat umum yang melibatkan orang dalam dalam jumlah banyak,” ungkapnya.

Selain itu, Rakor tersebut juga menghadirkan pihak TNI untuk memberikan pemahaman terkait dengan aturan-aturan yang berlaku di proses kampanye.

Menurutnya, ada kewajiban dari peserta pemilu untuk menyampaikan laporan terlebih dahulu ke polres untuk melaksanakan kampanye, agar kegiatan kampanye berjalan tertib serta lancar.

“Ada aturan dan larangan yang mesti dipatuhi, misalnya dengan lalu lintas karena ini nanti akan melibatkan orang-orang dalam jumlah yang banyak dan mungkin nanti ada konvoi kendaraan. Jadi dalam kapasitas mereka (TNI Polri) sebagai petugas yang bertanggung jawab terhadap keamanan,” ujarnya.

Selain aparat keamanan, pihaknya juga mengundang stakeholder terkait seperti dinas perhubungan, Kesbangpol dan media massa, menurutnya, stakeholder terkait ikut bertanggung jawab untuk memastikan jalannya proses demokrasi dengan baik. (Mhu) 

 

Bagikan berita ini