Ganjar-Mahfud Janji Hapus Batas Usia Maksimal Pelamar Kerja

Kantamedia.com – Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, , berjanji akan akan menghapus batas usia pelamar kerja jika mereka terpilih memenangi 2024.

Hal tersebut disampaikan Mahfud Md usai mengunjungi Pondok Pesantren Darut Tauhid Canga'an Bangil di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024), untuk menanggapi adanya lowongan kerja di salah satu bank yang menetapkan batas maksimal usia pelamar 24 tahun.

“Kalau hanya keputusan atau mungkin keputusan gubernur BI (), nanti bisa pemerintah lebih mudah untuk mengajak mengubah. Tinggal revisi undang-undang (UU) atau apa,” kata Mahfud Md.

Namun, dia tidak berjanji bahwa penghapusan batas usia pelamar kerja akan berjalan cepat meski telah diatur dalam UU. “Kalau itu bunyi undang-undang, prosesnya lama; (tetapi) kami bahas kembali,” kata Mahfud Md.

Pria yang saat ini menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu pun mengaku belum mendengar ada peraturan yang membahas mengenai batas usia untuk melamar pekerjaan.

“Saya belum dengar. Mungkin keputusan gubernur BI kali, ya?” ujarnya.

Sebelumnya, pada platform sosial X, akun @worksfess mengunggah soal batasan usia untuk melamar pekerjaan dengan menyertakan informasi lowongan pekerjaan di bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, pada Selasa (9 Januari 2024), pukul 22.25 WIB.

Work! Sekelas BUMN aja diskriminasi soal umur,” cuit akun tersebut yang hingga pukul 18.10 WIB telah mendapat 1,8 juta tayangan; 1,3 ribu unggahan ulang; 1,4 ribu kutipan; 14 ribu disukai; dan 1,8 ribu markah oleh pengguna X.

Sementara itu, akun pengguna @onemorextime membalas cuitan tersebut dengan menanyakan siapa kandidat yang mengkampanyekan batas usia melamar kerja.

Dear Bapak-Bapak calon presiden, tidak adakah dari kalian berkampanye tentang hal ini? Setidaknya kalau enggak mampu membuka lapangan pekerjaan, tolonglah persyaratan begini dihilangkan. Kami juga butuh hidup,” cuitnya yang mendapatkan 178 ribu tayangan dan 7 ribu disukai oleh pengguna X.

Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, rekrutmen pekerja harus didasarkan pada bakat, minat, dan keahlian. Dengan kata lain, tidak ada diskriminasi usia maksimal dalam peraturan perundang-undangan untuk rekrutmen pekerja.

Namun, banyak lowongan pekerjaan yang menetapkan batas usia maksimal 24 atau 25 tahun bagi pencari kerja. Batas usia ini biasanya berlaku untuk level staf, sedangkan untuk level berpengalaman dengan gaji lebih tinggi, batas usianya bisa 30-an. (*/jnp)

Bagikan berita ini