Jelang Hari H Pencoblosan, KPU Kalteng Ajak Pelajar Bisa Menggunakan Hak Pilihnya Dengan Baik

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Jelang hari H pencoblosan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak para SMA/SMK/SLB yang sudah bisa menggunakan hak pilihnya untuk menggunakannya sebaik-baiknya. Kegiatan dilakukan di Halaman SMAN 2 Palangka Raya, pada Senin, (12/02/2024).

“Pada hari Rabu,14 Februari 2024 merupakan hari pemungutan. Hari kasih suara,” ungkap KPU Kalteng, Harmain di SMAN 2 Palangka Raya, Senin, (12/02/2024).

Harmain meminta pelajar yang sudah mempunyai KTP, agar mengecek di TPS mana dia akan mencoblos, dengan mengecek di laman https://cekdptonline.kpu.go.id

“Setelah itu silakan masukkan di sana dan akan keluar terdaftar di TPS mana,”tuturnya.

Dia menjelaskan yang sudah terdaftar dalam DPT dapat hadir ke TPS dan akan mendapatkan surat pemberitahuan atau undangan beberapa hari sebelum pemilihan.

“Pemilih yang terdaftar di DPT dapat mulai memilih mulai pukul 07.00 -13.00,” tegasnya.

Harmain mengatakan ada 5 macam jenis kertas surat suara pemilihan, untuk presiden wakil presiden dengan surat suara abu abu.

“Kemudian warna Merah untuk kertas surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI warna kuning,” ungkapnya.

Sedangkan untuk warna biru diperuntukan DPRD Provinsi dan terakhir kertas surat suara warna hijau, untuk DPRD . (Mhu)

 

Bagikan berita ini