KPU Utus Tim Usut Surat Suara Diduga Sudah Tercoblos Ganjar-Mahfud di Malaysia

Kantamedia.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menanggapi beredarnya kabar bahwa ada banyak di Malaysia yang sudah dicoblos sebelum pemungutan suara.

Anggota KPU Idham Holik menjelaskan pihaknya akan menelusuri kabar tersebut dengan mengirim langsung tim untuk mengonfirmasi kebenarannya.

“Kami akan mengirim tim untuk melakukan pendalaman terhadap semua informasi berkenaan dengan pelaksanaan pemungutan suara di Malaysia baik pemungutan suara pos maupun KSK (kotak suara keliling),” kata Idham kepada wartawan, Rabu (7/2/2024).

Sekadar informasi, beredar video di media sosial yang menunjukkan sejumlah orang mencoblos surat suara di Malaysia.

Dalam video tersebut, mereka mencoblos calon anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa () nomor urut 1 Ida Fauziyah.

Kemudian, terekam juga mereka mencoblos pasangan nomor urut 3 dan Mahfud MD pada surat suara pemilihan dan wakil presiden.

Setelah dicoblos, mereka terlihat kembali memasukan surat-surat suara tersebut ke amplop putih.

Bawaslu Lakukan Penelusuran

Dugaan surat suara yang sudah tercoblos di kolom salah satu paslon di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di Malaysia pun tengah ditelusuri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Sedang dalam penelusuran Bawaslu,” kata anggota Bawaslu Lolly Suhenty, Rabu (7/2/2024).

Lolly menyatakan dugaan kecurangan itu diselidiki oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Malaysia di bawah pantauan Bawaslu.

“Saat ini sedang dilakukan penelusuran oleh Panwaslu LN (luar negeri), dalam pantauan langsung ,” ujarnya. (*/jnp)

Bagikan berita ini