PPP Bubarkan Bappilu Pimpinan Sandiaga Uno

Kantamedia.com – Wakil Ketua Umum Amir Uskara menyatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) yang dipimpin oleh Sandiaga Uno usai penetapan hasil rekapitulasi oleh KPU RI pada Rabu 20 2024.

Diketahui, perolehan suara PPP pada Pemilu Legislatif 2024 berdasarkan hasil rekapitulasi KPU RI ialah sebesar 5.878.777 suara atau sebesar 3,87%, sementara ambang batas parlemen 4 %.

Amir menyebut pihaknya langsung membubarkan Bappilu.

“Tadi malam dalam rapat harian Persatuan Pembangunan sudah menyatakan bahwa karena Bappilu selesai tugasnya sampai dengan tanggal 20 atau setelah pengumuman hasil rekapitulasi KPU, maka semalam Bappilu sendiri sudah kita bubarkan di Internal PPP,” kata Amir di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (22/3/2024).

Meski demikian, Amir menyatakan tidak akan menyalahkan kemunduran PPP terhadap Sandiaga sendiri. Menurutnya itu tanggung jawab semua kader.

“Ya saya apapun itu akumulasi dari kerja-kerja seluruh kader. Kita juga tidak boleh menyalahkan satu dua orang. Tapi pasti sekali lagi memang ada penanggung jawab terkait dengan pemenangan ini. Tapi sekali lagi saya mengatakan kita tidak ingin saling menyalahkan di internal,” kata dia.

Amir mengaku tetap optimis akan lolos ke Senayan dengan berjuang lewat gugatan MK.

“Oh kita sangat optimis karena data-data internal kita sangat valid dan tentu didukung oleh dan bukti-bukti yang cukup,” pungkasnya.

PPP Siapkan Dokumen Gugatan ke MK

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar rapat pengurus harian ke-21 untuk menyikapi rekapitulasi suara pemilu legislatif 2024 oleh KPU RI.

Rapat pengurus harian ini merupakan bentuk konsolidasi internal serta finalisasi persiapan gugatan sengketa pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Seperti diketahui perolehan suara PPP pada hasil rekapitulasi KPU RI ialah sebesar 5.878.777 suara atau sebesar 3,87%, jumlah ini berbeda dari hasil perhitungan internal PPP sebesar 4,04%.

Selain penyiapan dokumen gugatan, turut hadir pula berkoordinasi intensif dengan DPP PPP sejumlah tim hukum yang akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi sesuai tenggat waktu yang ditetapkan.

Pada kesempatan ini, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Mardiono mewakili seluruh keluarga besar PPP turut memberikan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atas ketetapan hasil Pemilu yang menempatkan Prabowo Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

“Atas nama keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan kami mengucapkan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka yang telah mendapatkan suara tertinggi hasil presiden dan wakil presiden berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional Komisi Pemilihan Umum,” ujar Mardiono di hadapan seluruh pengurus harian DPP PPP, Kamis (21/3/2024).

Mardiono dan segenap keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan turut mendoakan agar hasil Pilpres ini adalah yang terbaik bagi Indonesia.

“Semoga hasil pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ini merupakan yang terbaik untuk bangsa, negara dan rakyat Indonesia” pungkasnya. (*/jnp)

Bagikan berita ini