Tingkatkan Literasi Pers dan Agen Statistik, BPS Kalteng Gelar Workshop

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Tengah () mengadakan Wartawan dan Kehumasan di M. Bahalap Hotel dengan tema Pers dan Literasi Data Statistik, Mencatat Pertanian Indonesia, Rabu (6/12/2023).

Kepala , Eko Marsoro menekankan peran penting wartawan sebagai ujung tombak pers, memiliki audiens yang beragam dari biasa hingga pemangku kebijakan.

Dalam sambutannya, Eko mengingatkan agar wartawan berhati-hati dalam membaca data, menghindari misinterpretasi yang dapat menyebabkan kebingungan pembaca dan mempengaruhi kebijakan.

 

“Workshop ini merupakan yang kedua diselenggarakan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah, dengan narasumber dari Tempo dan Tim Kehumasan BPS RI,” ungkapnya.

 

Eko berharap workshop ini tidak hanya meningkatkan literasi data statistik, khususnya data ST2023 yang baru dirilis, tetapi juga menjadi wadah untuk berbagi informasi dan pengalaman antar wartawan.

 

Sementara Ketua , Bambang, menjelaskan bahwa tujuan workshop ini adalah memberikan wawasan kepada wartawan dan Agen Statistik di tentang cara membaca, memahami, dan menyajikan data statistik.

“Kegiatan ini bertujuan agar berita yang disampaikan kepada masyarakat dapat memberikan interpretasi yang benar dan bermanfaat bagi pemerintah maupun masyarakat,” katanya.

Workshop yang berlangsung sehari ini, diharapkan dapat memberikan peserta pemahaman yang mendalam dan meningkatkan kualitas liputan wartawan terkait data statistik.

Redaktur Ekonomi dan Bisnis Majalah Tempo, Retno Sulistyowati, turut hadir sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut. (Ndo)

 

 

Bagikan berita ini