Konsumsi Ikan Masyarakat Kalteng Masih Belum Merata

, kantamedia.com – Dinas dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyebut, bahwa tingkat konsumsi masyarakat di daerah setempat belum sepenuhnya merata.

Kepala Dislutkan Kalimantan Tengah Darliansjah menyampaikan, nutrisi pada ikan banyak manfaatnya bagi tubuh. Salah satu nutrisi yang ada pada ikan yaitu omega 3.

“Omega 3 pada ikan dapat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Terutama pada masa perkembangan anak dari kandungan sampai usia 3 tahun adalah masa penentu kecerdasan dan tumbuh kembang anak,” tuturnya, Kamis, (23/11/2023).

Ia juga menambahkan, kandungan protein pada ikan sangat mudah dicerna dan mengandung berbagai asam amino, terutama didalam tubuh manusia bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak.

Di wilayah Kalteng sambungnya, ada yang dan rendah, di antaranya Kabupaten Barito Timur () memiliki angka konsumsi ikan terendah yaitu 41,48 persen dan Kabupaten Katingan memiliki angka konsumsi ikan tertinggi yaitu 78,15 persen.

“Secara keseluruhan wilayah masuk tren positif dengan adanya peningkatan. Pada tahun 2022 angka konsumsi ikan mencapai 57,95 kilogram/kapita, sedangkan mencapai 55,51 kilogram/kapita,” Katanya.

Dia menambahkan, tingkat konsumsi ikan masih belum merata sepenuhnya, yang terendah adalah Kabupaten Barito Timur dan yang tertinggi Kabupaten Katingan.

“Untuk itu, kami gencarkan melalui Gerakan Memasyarakatkan (Gemarikan), bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan,” tandasnya. (Mhu*) 

Bagikan berita ini