Wujudkan Kalteng Bermartabat, Maju dan Sejahtera, DAD Kalteng Gelar Rakor

PALANGKA RAYA, Kantamedia.com – Untuk mewujudkan yang bermartabat, maju, dan sejahtera. Masyarakat Dayak di Kalteng harus merdeka, dari keterisolasian dan bebas dalam mengejar . Hal ini disampaikan oleh Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng, H. Agustiar Sabran.

“Untuk meningkatkan SDM Andal hal yang penting adalah pendidikan. Karena Pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk kemajuan masyarakat,” ucapnya, pada saat menghadiri rapat Koordinasi (Rakor) Adat Dayak Se- Kalteng Tahun 2023, yang digelar oleh DAD Kalteng, di Ballroom Hotel Aquarius, Palangka Raya, Kamis (28/12/2023).

Dia mengajak masyarakat untuk bebas dalam mengejar pendidikan di Kalteng, dan menekankan, bahwa pendidikan harus menjadi bagi siapa pun yang ingin meraih kesuksesan.

“Dengan pendidikan masyarakat dapat memperoleh kemampuan dan keterampilan untuk meningkatkan hidup mereka,” ujar Agustiar.

Selain masalah pendidikan Agustiar juga menyampaikan pentingnya revisi kelembagaan DAD untuk memperkuat nilai-nilai kelembagaan adat dalam masyarakat.

“Seiring dengan adanya revisi kelembagaan DAD, peran lembaga adat di dalam masyarakat diharapkan akan memiliki payung hukum yang jelas dan tertuang dalam perda,” ungkap Ketua DAD Kalteng ini.

Dia menyebut, Revisi kelembagaan DAD juga dianggap penting untuk memperkuat peran lembaga adat dalam masyarakat. Simbolisme dan nilai-nilai tradisional yang dimiliki oleh adat Dayak akan menjadi pondasi kuat bagi proses revolusi 4.0.

Agustiar menambahkan, kelembagaan DAD memiliki peran penting dalam membangun komunitas di Kalteng yang lebih mandiri, inovatif, dan inklusif. (Mhu*) 

 

Bagikan berita ini