Yulistra Ivo : Kolaborasi Serentak Antar Lembaga, Tingkatkan Gemar Membaca

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Dalam membantu Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/ untuk menggalakkan promosi gemar membaca di Tengah, perlunya literasi dan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat membaca buku.

Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran, menyampaikan peran penting yang dimainkan oleh Bunda Literasi yakni koordinasi antara Bunda Literasi dengan berbagai lembaga, seperti Perangkat Daerah, Masyarakat, Taman Bacaan, Literasi dan Komunitas lainnya sangat penting dalam rangka peningkatan budaya membaca.

“Diperlukan sebuah Kolaborasi serentak dan masif dari semua lembaga/swasta serta stakeholder yang ada, untuk mendukung pembudayaan gemar membaca. Sebagaimana kita ketahui bahwa Indeks Literasi di Indonesia masih sangat rendah,” ucap Ivo, Jumat (08/12/2023).

Ivo menambahkan bahwa 70% kegiatan membaca masyarakat Kalimantan Tengah dilakukan pada saat dirumah dan 18-5% masyarakat menyatakan melakukan kegiatan membaca di Perpustakaan Umum.

Literasi keluarga merupakan salah satu aspek penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Terutama di era digital seperti saat ini, di mana masyarakat dihadapkan dengan berbagai jenis media yang bervariasi.

“Peran Bunda Literasi di Provinsi Kalteng tidak hanya penting dalam mempromosikan kebiasaan membaca, tetapi juga dalam membantu membangun keluarga yang mendukung literasi,” imbuh Ivo.

Membangun lingkungan literasi di keluarga dapat dimulai dengan meningkatkan motivasi anggota keluarga untuk membaca bersama.

“Seperti membaca buku cerita bersama anak, mengajak orang tua bergabung dengan program membaca di perpustakaan daerah, atau mengadakan forum diskusi buku keluarga,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan Hal-hal sederhana seperti ini tentunya dapat membangun minat baca dan memperkuat dukungan lingkungan keluarga yang mendukung literasi. (Mhu*)

 

Bagikan berita ini