Inilah 10 Masjid Tertua di Indonesia, Salah Satunya Ada di Kalimantan

Kantamedia.com – Banyaknya di Indonesia menjadi pesona tersendiri bagi negara ini. Mulai dari masjid yang memiliki hingga berteknologi mapan, sampai masjid tertua di Indonesia yang menjadi pelopor dan perintis gerakan keislaman di tengah Indonesia.

Langsung saja, berikut adalah daftar 12 masjid tertua di Indonesia.

1. Masjid Saka Tunggal Banyumas (1288)

Urutan pertama, masjid tertua di Indonesia pertama bertempat di Maluku. Masjid itu adalah Masjid Saka Tunggal Banyumas didirikan pada tahun 1288.

Masjid tertua di Indonesia ini memiliki ukuran yang sederhana dengan 10×10 meter dan terbuat dari gaba-gaba atau pelepah sagu dengan atap rumbia.

Keberadaan masjid ini menjadi saksi persebaran ajaran di kepulauan Maluku. Konon masjid tertua di Indonesia menyimpan banyak Mushaf Alquran tertua di Indonesia.

2. Masjid Wapauwe, Maluku (1414)

Masjid Wapauwe adalah masjid tertua di Indonesia bagian timur yang dibangun pada tahun 1414.

Masjid ini memiliki ukuran 10×10 meter dan terbuat dari gaba-gaba atau pelepah sagu dengan atap rumbia.

Keberadaan masjid tertua di Indonesia ini juga merupakan saksi sejarah persebaran ajaran Islam di kepulauan Maluku.

3. Masjid Sunan Ampel (1421)

Masjid tertua di Indonesia yang berasal dari Surabaya ini didirikan pada 1421, sehingga usianya sudah mencapai 602 tahun. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel.

Tepat di belakang masjid, terdapat kompleks makam Sunan Ampel yang meninggal pada 1481. Hingga saat ini, Masjid Sunan Ampel selalu ramai dikunjungi peziarah khususnya pada Ramadhan.

Gaya arsitektur Masjid Sunan Ampel bercirikan Jawa kuno dan nuansa Arab serta Kampung Arab yang tak jauh dari masjid menjadi salah satu keunikan salah satu masjid tertua di Indonesia ini.

4. Masjid Mantingan (1481)

Masjid tertua di Indonesia yang satu ini terletak di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Masjid ini dibangun pada 1481 sehingga usianya mencapai 542 tahun.

Masjid Mantingan dibangun oleh Ratu Kalinyamat untuk mendiang suaminya Sultan Hadiri yang meninggal dibunuh Arya Penangsang.

Ratu Kalinyamat membuat makam untuk suaminya beserta masjid yang sekarang dikenal sebagai Masjid Mantingan. Kompleks Masjid Mantingan mempunyai luas lebih kurang 7 hektar yang terdiri atas bangunan masjid, makam, dan museum.

Masjid bersejarah ini memiliki sekitar 114 relief yang menempel pada dinding masjid

5. Masjid Kuno Bayan Beleq

Masjid tertua di Indonesia dari Lombok ini diperkirakan dibangun sekitar 500 tahun silam.

Masjid yang memiliki atap rumbia ini berada di Jalan Labuan Lombok, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Namun, belum ada informasi pasti siapa yang membangun Masjid Kuno Bayan Beleq.

Beberapa versi menyebut pendiri masjid adalah Syeh Gus Abdul , salah seorang penyebar Islam di Bayan pada abad ke-16. Versi lain menyebutkan salah satu masjid tertuda di Indonesia ini dibangun oleh Sunan Prapen pada abad ke-15.

TAGGED:
Bagikan berita ini