Wagub Minta MoU dengan Kejati Jangan Hanya Jadi Dokumen Saja

Kantamedia.com, Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H menegaskan, nota kesepahaman (MoU) antara 12 perangkat daerah Kalteng dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalteng, jangan jadi dokumen yang telah ditandatangani saja. Dirinya berharap, seluruh kepala perangkat daerah yang menandatangani ini bisa mengimplementasikannya dalam tugas.

Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, wagub menyampaikan bahwa yang dilakukan ini diharap mampu mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi pokok masing-masing dalam memacu percepatan di Kalteng.

Menurut dia, pemprov setuju untuk memantapkan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah, terutama dalam penggunaan harus efektif dan efisien. Disampaikannya, bahwa APBD adalah tulang punggung pembangunan, sehingga penggunaannya wajib terarah, tepat guna, dan tepat sasaran. Demi mendukung hal itulah, lanjut dia, dilakukan MoU ini.

“Nota Kesepahaman ini jangan hanya menjadi dokumen saja, namun dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing, melalui pemberian surat kuasa khusus maupun permohonan pendampingan hukum kepada jaksa pengacara negara Kejati Kalteng,” tukas dia saat menghadiri penandatanganan MoU tersebut di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (9/2/2023).

Sementara itu, Kepala Kejati Kalteng Pathor Rahman menyampaikan, MoU ini dilakukan agar penggunaan anggaran harus betul-betul dijaga agar tidak bocor. Selain itu, harus digunakan tepat sasaran sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

“Ini sangat penting, untuk mencegah dan menghindari kebocoran serta penyimpangan. Kita akan memberikan pendampingan dalam bantuan hukum”, tutur Pathor Rahman.

Adapun dua belas perangkat daerah yang melakukan MoU yakni;

  1. Dinas
  2. Dinas Kesehatan Kalteng
  3. Dinas Pendidikan Kalteng
  4. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng
  5. Disperkimtan Kalteng
  6. Disbudpar Kalteng
  7. Dinas Kehutanan Kalteng
  8. Dinas ESDM Kalteng
  9. Dinas Perkebunan Kalteng
  10. Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng
  11. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalteng
  12. dr Doris Sylvanus. (hmskmf/*)
Bagikan berita ini