Dewan Minta Pemerintah Segera Tangani Ruas Jalan Rusak di Kalteng

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Kerusakan ruas jalan yang menghubungkan antara Palangka Raya – Kuala Kurun perlu adanya penanganan cepat, terutama di wilayah Desa Pematang Limau.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Tengah (Kalteng), HM saat meninjau lokasi yang mengalami kerusakan.

“Jika dilihat memang sudah dilakukan penanganan darurat dengan agregat dan soil semen, namun kami menilai masih belum cukup karena ruas jalan yang rusak cukup parah, sehingga perlu penanganan sesegera mungkin,” ucapnya, Selasa (14/11/2023).

Baca juga:
Daftar di KPU, NasDem Kalteng Optimistis Sukses Pileg 2024

Akses jalan tersebut sambungnya, perlu penanganan segera, karena jalan itu merupakan jalan utama dari Palangka Raya menuju Kuala Kurun, Gumas begitu sebaliknya.

“Banyak aktivitas melalui jalur itu, baik distribusi barang dan jasa serta lainnya akan terganggu jika tidak segera ditangani. Apabila aktivitas terganggu sangat merugikan sekitar,” tuturnya.

Dirinya berharap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng dapat memperhatikan ruas jalan Palangka Raya – Kuala Kurun yang mengalami kerusakan itu utamanya wilayah tanjakan curam agar dipangkas sehingga tidak lagi curam.

Baca juga:
Program Prioritas Pemerintah Dalam Pembangunan Harus Merata

Seperti diketahui ruas jalan Palangka Raya-Kuala Kurun telah hampir setahun terakhir rusak parah, karena banyaknya kendaraan operasional PBS yang membawa hasil produksi melalui jalan provinsi. Yang seharusya harus dibuat jalur khusus sesuai dengan peraturan provinsi setempat dan pusat.

Untuk diketahui, beberapa titik pada ruas jalan Palangka Raya – Kuala Kurun yang mengalami kerusakan terparah di antaranya di wilayah Desa Tumbang Karitak, Rabauh, Tumbang Empas, Rangan Tate. (Mhu*) 

Bagikan berita ini