Enam Cara Tradisional Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Kantamedia.com – Cara ternyata juga mampu atasi hidung tersumbat akibat atau pilek pada . Berbagai cara tradisional mengatasi hidung tersumbat tersebut juga aman dilakukan kepada bayi, misalnya mengoleskan minyak telon.

Bayi lebih rentan mengalami flu atau pilek karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah. Salah satu gejala flu dan pilek yang bisa membuatnya merasa bahkan rewel adalah hidung tersumbat.

Hidung yang tersumbat pada bayi dapat menyebabkannya kesulitan bernapas. Hal ini karena adanya penumpukan lendir atau pembengkakan di rongga hidung. Untuk meredakan keluhan tersebut dan membuat Si Kecil kembali bernapas dengan mudah, Bunda bisa melakukan berbagai cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi dipercaya secara -temurun efektif mengatasi berbagai gejala flu yang dialami Si Kecil. Berikut ini adalah beberapa cara tersebut disertai penjelasannya:

1. Mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih ke dadanya

Minyak telon dan minyak kayu putih kerap digunakan oleh orang tua untuk meredakan berbagai keluhan pada bayi, seperti mual, gigitan , dan hidung tersumbat.

Dalam meredakan hidung tersumbat, kandungan bahan yang terdapat di dalam minyak kayu putih dan minyak telon mampu meredakan dada yang sesak. Bila dihirup, uap minyak ini dapat mengencerkan lendir yang menyumbat lubang hidung. Dengan begitu, Si Kecil dapat bernapas dengan lancar.

2. Memandikan bayi dengan air hangat

Tidak hanya membuat tubuh Si Kecil menjadi lebih rileks, air hangat juga dapat menjadi cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Uap dari air hangat dapat melembapkan dan meredakan peradangan di rongga hidung Si Kecil.

Selain itu, uap air hangat juga bisa mengencerkan lendir yang menyumbat hidung bayi, sehingga bisa lebih mudah dikeluarkan.

Agar hidung tersumbat yang dialami Si Kecil teratasi, mandikanlah ia dengan air hangat sebanyak 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Bagikan berita ini