Kenali Penyebab Anak Demam, Tapi Tangan dan Kaki Dingin

Kantamedia.com – Sebagai orang tua tentunya akan merasa bingung saat anak atau buah hati tiba-tiba saja mengalami Badan panas, namun kaki dan tangan dingin.

Kejadian tersebut merupakan salah satu kondisi yang perlu diwaspadai karena bisa menjadi gejala dari gangguan kesehatan tertentu. Lantas, apa badan panas namun kaki dan tangan dingin pada anak-anak

sejumlah penyebab badan panas, namun kaki dan tangan dingin pada anak-anak adalah sebagai berikut:

1. Sistem Darah Masih Berkembang

Karena masih dalam tahap perkembangan, sistem peredaran darah akan memprioritaskan untuk mengalirkan darah ke organ vital, seperti , jantung, dan paru-paru. Sementara itu, tangan dan kaki menjadi bagian tubuh terakhir yang akan mendapatkan suplai darah. Maka dari itu, kondisi ini kerap membuat badan anak terasa panas namun kaki dan tangan dingin.

Pada dasarnya, sistem peredaran darah bayi akan beradaptasi sepenuhnya dalam kurun waktu tiga bulan setelah lahir.

2. Demam

Saat si kecil sedang demam, tak perlu heran apabila badannya terasa panas namun kaki dan tangan dingin. Bila si kecil mengalami kondisi tersebut, orang tua dianjurkan untuk memberikan kompres hangat, mengatur suhu kamar tidur, serta membiarkan anak untuk beristirahat.

Namun, jika demam tidak kunjung mereda dan anak memiliki riwayat kejang, segera berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari komplikasi lainnya.

3.

Salah satu penyebab anak demam tapi kaki dingin adalah dehidrasi berat. Kondisi tersebut biasanya terjadi karena demam atau kurangnya asupan cairan tubuh harian. Bila si kecil mengalami dehidrasi berat, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk memperoleh penanganan yang tepat.

4. Gangguan Aliran Darah

Pada beberapa , badan panas namun kaki dan tangan dingin yang dialami oleh anak juga bisa terjadi karena gangguan aliran darah. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan perhiasan, seperti gelang atau cincin, yang terlalu ketat sehingga aliran darah terganggu.

Selain itu, badan panas namun kaki dan tangan dingin juga bisa menjadi indikasi dari gangguan jantung dan paru-paru bawaan, terutama jika disertai dengan gejala lain, seperti kulit terlihat membiru dan sesak napas.

 

Cara Mengatasi Badan Panas, Namun Kaki dan Tangan Dingin

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi badan panas namun kaki dan tangan dingin, di antaranya adalah:

Berendam air hangat.

Menggunakan sarung tangan, jaket, dan kaus kaki untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Berolahraga secara rutin untuk menjaga sirkulasi darah.

Rutin minum air putih kurang lebih 2 liter per hari.

Istirahat yang cukup.

Mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter.

Posisikan kepala lebih saat tidur.

Itulah sejumlah penyebab badan panas namun kaki dan tangan dingin yang perlu dipahami. Jika Anda ataupun si kecil mengeluhkan gejala tersebut, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar cepat tertangani. (Mhu) 

 

Bagikan berita ini