Hotel Bintang Lima Senilai Rp300 Miliar Kembali Dibangun di IKN

Kantamedia.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama hotel bintang lima di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

Ini merupakan hotel keenam yang dibangun di kawasan IKN. Hotel ini diberi nama Jambuluwuk Nusantara Hotel.

“Hari ini sekali lagi kita akan melakukan groundbreaking hotel Jambuluwuk Nusantara Hotel, hotel berbintang lima (di IKN),” kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/1/2024).

Dia mengatakan Jambuluwuk Nusantara Hotel ini memiliki konsep Indonesia etnik, dengan kapasitas 200 kamar. Total nilai investasi dari pembangunan hotel ini mencapai Rp300 miliar

Jokowi menyampaikan saat ini sudah ada beberapa hotel bintang empat dan lima yang dibangun di IKN.

Dia berharap hotel tersebut dapat menambah ketersediaan kamar-kamar hotel untuk memudahkan akomodasi tamu-tamu yang ke IKN.

“Saya yakin Jambuluwuk Nusantara Hotel juga akan memberikan kontribusi yang penting bagi pertumbuhan IKN dan juga -daerah di sekitarnya,” tuturnya.

Jokowi pun meminta para tak ragu-ragu dalam menanamkan modalnya di IKN.

Terlebih setiap bulan, pemerintah rutin melakukan groundbreaking pembangunan sejumlah infrastruktur di IKN.

“Maka tidak ada alasan bagi investor untuk ragu-ragu berinvestasi di Ibu Kota Nusantara. Memanfaatkan sebaik-baiknya berbagai insentif dan kemudahan berusaha yang ditawarkan pemerintah,” jelas Jokowi.

Soal proyek ini, Jokowi menginginkan proses pembangunan fasilitas hotel di IKN rampung sebelum peringatan HUT ke-79 RI pada Agustus 2024.

“Bulan Agustus yang akan datang kita akan melakukan upacara 17-an di IKN. Pertanyaannya tamu-tamunya nginep di mana?” kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam agenda Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel dikutip dari Antara, Rabu (17/1/2024).

Ia mengatakan kehadiran fasilitas hotel di IKN akan menambah alternatif akomodasi tamu yang hadir, selain hotel-hotel yang kini tersedia di Balikpapan.

“Bisa di Balikpapan, karena jalan tolnya sepanjang 47 kilometer, insya Allah di bulan Juli sudah selesai,” katanya.

Namun akan lebih baik lagi bila pembangunan sejumlah hotel di IKN selesai dibangun sebelum peringatan RI, kata Jokowi menambahkan.

“Saya yakin satu, dua hotel akan sudah selesai dibangun di IKN dan hotel yang dalam proses dibangun, baik bintang 4 maupun bintang 5, plus hotel Jambuluwuk dan resort ini adalah yang keenam, ini sudah yang keenam,” katanya. (*/jnp)

Bagikan berita ini