Jokowi Letakan Batu Pertama Masjid Negara di IKN Senilai Rp940 Miliar

Kantamedia.com meletakkan batu pertama atau groundbreaking Negara Ibu Nusantara (IKN) senilai Rp940 miliar.

mengatakan masjid itu bisa menampung 61 ribu orang jemaah. Dia menyebut pembangunan masjid ini akan rampung akhir 2024.

“Nilai konstruksinya sebesar Rp940 miliar. Memang sangat besar sekali masjid ini nanti dan masjid ini juga dilengkapi dengan kawasan, seperti lanskap, utilitas kawasan, tentu saja dan jembatan,” kata Jokowi di IKN, Rabu (17/1).

Masjid Negara IKN akan dikelilingi oleh air. Jokowi menyebut akan ada embung-embung yang dibangun mengelilingi masjid tersebut.

Dia menyebut masjid itu akan memiliki interior yang indah. Jokowi berharap Muslim di IKN bisa beribadah dengan nyaman di tempat tersebut.

“Saya berharap masjid negara ini akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, tempat yang nyaman bagi umat Muslim melakukan berbagai aktivitas keagamaan,” ujarnya.

Jokowi berkata di kawasan itu juga akan didirikan gereja katedral, wihara, pura, dan klenteng. Dia ingin kawasan tersebut menjadi simbol toleransi dan kerukunan beragama di Indonesia.

“Saya ingin masjid yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara,” ucap Jokowi.

Presiden menambahkan bahwa Masjid Negara di IKN akan dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti jalan dan jembatan. Pembangunan masjid tersebut akan dilakukan selama 400 hari kalender dan ditargetkan selesai pada akhir tahun mendatang.

“Insya Allah bisa selesai,” tutur Presiden.  (*/jnp)

Bagikan berita ini