Ibas Yudhoyono Jadi Caleg Peraih Suara Terbanyak Se-Indonesia

Kantamedia.com – Anak bungsu ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas Yudhoyono, menjadi caleg dengan suara terbanyak se-Indonesia. Capaian adik Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu terlihat berdasarkan hasil sementara Sirekap KPU.

Ibas Yuhoyono ini per 22 Februari 2024 pukul 23.00 Wib tercatat telah mendapatkan 249.345 suara di pemilihan (dapil) Jawa Timur VII yang meliputi wilayah Pacitan, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek dan Magetan.

Raihan suara yang didapat kader Partai dari Sirekap KPU berdasarkan 81,06 persen data yang masuk. Perolehan suara Ibas pun diprediksi masih bisa bertambah seiring dengan rekapitulasi yang masih dilakukan oleh KPU.

Lantas, seperti apakah biodata dan Ibas Yudhoyono, anak SBY yang jadi caleg peraih suara terbanyak?

Ibas Yudhoyono lahir di Bandung, Jawa Barat pada 24 November 1980. Ia merupakan anak bungsu dari Susilo Bambang Yudhoyono dan Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono). Ia memiliki seorang kakak lelaki, AHY, yang kini menjabat sebagai Menteri ATR.

Ibas menikah dengan putri mantan Menko Hatta Rajasa, Siti Ruby Aliya Radjasa. Dari pernikahan itu, pasangan ini dikaruniai 4 anak.

Sementara terkait pendidikannya, Ibas menempuh pendidikan SMA di SMA 39 Cijantung, Jakarta Timur. Setelah lulus, Ibas berkesempatan kuliah di luar negeri.

Ibas berhasil menyelesaikan S1-nya di Curtin University, Perth, Australia dan meraih gelar Bachelor of Finance and E-Commerce pada usia 25 tahun.

Setelah menjalani pendidikan di Australia, Ibas kemudian melanjutkan pendidikan S2-nya di Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura. Di sana ia berhasil menggondol gelar magister spesialis Politik Internasional di usia 27 tahun.

Setelah lulus, sosoknya dikenal aktif di berbagai organisasi. Mulai dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri dan Polri (GMFKKPI), sampai dengan Yayasan Majelis Dzikir SBY Nurussalam.

Puncaknya saat Ibas bergabung ke Partai Demokrat, partai yang dibentuk oleh ayahnya sendiri. Saat terjun ke dunia politik, sang ayah, SBY, sedang memegang jabatan sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat dan Presiden RI. (*/jnp)

Bagikan berita ini