KSOP Sampit Siap Hadapi Lonjakan Arus Mudik Lebaran 2024

Sampit, kantamedia.com – Untuk memastikan kesiapan seluruh pihak dalam mengamankan arus di Pelabuhan Sampit, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit menggelar Apel Kesiapan Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 (1445 H) di Pelabuhan Sampit, Selasa (26/3/2024).

Kepala KSOP Sampit, Capt. Mohammad Hermawan, saat membacakan sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Laut mengharapkan kepada seluruh Direktorat jenderal Perhubungan laut agar mempersiapkan angkutan laut lebaran tahun 2024 serta menekankan pentingnya sinergitas antar instansi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik.

“Sehubungan akan terjadinya lonjakan penumpang, maka hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan serta kesehatan penumpang, awak kapal dan petugas pelabuhan,” ujarnya.

Kepala KSOP Sampit menegaskan, dengan kesiapan dan sinergitas antar instansi terkait, diharapkan arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Sampit dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman.

Sementara itu, Ketua posko angkutan lebaran di Pelabuhan Sampit Gusti Mukhlis kepada wartawan mengungkapkan, kegiatan posko angkutan laut lebaran di Pelabuhan Sampit dilaksanakan selama sebulan yang dimulai dari H-15 lebaran sampai H+15 lebaran.

Menurut Gusti Mukhlis, pada tahun ini Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelni selaku pihak melaksanakan kegiatan mudik untuk 500 penumpang pada tanggal 8 April 2024 dengan menggunakan kapal KM Lawit dari PT Pelni dengan Sampit – Semarang. Dimana tiketnya sudah habis dipesan oleh masyarakat yang ingin mudik,

“Untuk angkutan lebaran tahun ini diprediksi mengalami kenaikan sekitar 20 % dari tahun sebelumnya mengingat bertepatan dengan libur anak , cuti bersama dan cuaca yang cukup baik. Dan diperkirakan puncak arus mudik pada H-3 nanti,” kata Mukhlis. (*/jnp)

Bagikan berita ini